Jelang Pekan Terakhir Liga Belanda: Ajax favorit Juara, Tapi PSV masih mengintai

Ajax Amsterdam menjadi favorit untuk meraih gelar Juara Eredivisie musim ini. Saat ini, mereka memimpin klasemen Liga dengan keunggulan tiga poin dari PSV Eindhoven dan selisih gol yang jauh lebih baik dari PSV.  Pekan ke-34 Liga akan digelarr malam ini.

Ajax sudah membuktikan mampu mengesampingkan kekecewaan mereka disingkirkan Tottenham Hotspur pada semifinal Liga Champions. Setelah dikalahkan Tottenham 3-2, Ajax bisa kembali fokus untuk meraih kemenangan 4-1 melawan Utrecht di Johan Cruyff Arena, Minggu lalu.

Ajax akan bertandang ke markas De Graafschap di Deventer untuk partai pamungkas. Di tempat ini, Ajax punya kenangan buruk pada akhir musim 2015-16. Saat itu, Ajax hanya bisa bermain 1-1 di kandang De Graafschap, yang membuat Gelar Juara terbang ke Eindhoven.

Apalagi, saat ini De Graafschap masih membutuhkan point untuk menyelamatkan diri dari Zona Degradasi (posisi tiga terbawah). Ajax harus hati-hati…!!

PSV sebenarnya lebih lama memimpin klasemen Liga Belanda musim ini. Tapi, setelah pergantian tahun, PSV banya kehilangan point, sehingga bisa disalip oleh Ajax.

PSV akan melawat ke kandang AZ Alkmaar. PSV harus menang untuk menjaga asa mempertahankan gelar di liga, sambil berharap Ajax kalah dari De Graffschap.

Di atas kertas, peluang Ajax Amsterdam lebih besar dari PSV Eindhoven. Ajax hanya butuh hasil imbang. Bagi Ajax, apabila mereka menjadi Juara, ini adalah Gelar mereka yang pertama sejak 2014.

 

Namun, dalam sepakbola, realita selalu tidak sesederhana itu..