FA Cup Roundup: Liverpool Kandas, Spurs Tertahan, Debut Manis Alexis Sanchez, dan hasil lainnya.

Keganasan FA Cup kembali memakan korban. Turnamen tertua di dunia ini dari dulu memang dikenal sebagai ladang tersungkurnya tim-tim besar.

Terakhir, sabtu waktu setempat (27/1), Liverpool harus tunduk 2-3 dari Juru Kunci Premier League saat ini, West Bromwich Albion. Unggul lebih dahulu di menit ke-5 via Roberto Firmino yang berhasil memanfaatkan bola muntah sepakan Mohamed Salah yang berhasil ditepis Foster, Firmino dengan tenang men-chip bola melewati Foster dan para pemain belakang WBA, ke gawang yang kosong.

Keunggulan ini hanya bertahan sebentar, setelah sekitar satu menit kemudian, Jay Rodriguez berhasil melesatkan bola ke sudut kanan jala Simon Mignolet, setelah berhasil meliuk di Area tengah pertahanan Liverpool, yang diisi duet Virgil Van Dijk dan Joel Matip. Empat menit berselang, West Brom kembali mencetak gol, lagi-lagi melalui Jay Rodriguez, yang sukses menyontek crossing datar dari sisi kanan pertahanan Liverpool.

WBA kembali mencetak gol di menit ke-20, dari sepak pojok yang berhasil ditanduk oleh Michael Dawson. Mignolet protes, dan wasit Craig Pawson memutuskan untuk melibatkan VAR, dan memutuskan menganulir gol karena Gareth Barry ternyata dalam posisi offside.

 

Craig Pawson melihat video VAR sebelum membuat keputusan (Image: PA)

 

Empat menit kemudian, lagi-lagi VAR terlibat. Kali ini Pawson memutuskan untuk melihat adegan di layar monitor, setelah Jake Livermore menjatuhkan Salah di kotak penalti. Insiden ini awalnya sedikit luput dari pengamatan wasit. Tapi setelah melihat rekaman, Pawson memutuskan untuk memberikan Liverpool penalti, yang sayangnya gagal diekseskusi Firmino, yang tendangannya membentur mistar gawang.

West Brom, yang memilih “menunggu” Liverpool di daerahnya sendiri, malah menambah gol lagi lewat sebuah serangan balik, dimana crossing dari sisi kiri Liverpool malah dibelokkan oleh Joel Matip ke gawangnya sendiri. 1-3 untuk WBA di babak pertama.

 

(Image: PA)

Meski menguasai pertandingan babak kedua, dan melakukan 3 pergantian pemain sekaligus di menit ke 65, masuknya Henderson, Milner, dan Danny Ings, Liverpool sedikit sekali membuat peluang yang bagus. Salah berhasil memperkecil ketinggalan di menit ke-78; tapi sayang di sisa waktu, skor tidak berubah. West Brom berhasil menjadi tim pertama yang mengalahkan Liverpool di Anfield musim ini, sekaligus memupus harapan The Reds untuk memperbaiki capaian musim lalu di Piala FA.

Beberapa jam sebelumnya, Tottenham Hotspur tertahan saat melawat ke kandang klub League Two (kasta keempat dalam piramida sepakbola Inggris), Newport County. Spurs tertinggal di menit ke 38, saat Padraig Amon berhasil mencetak gol.

 

Tottenham tertinggal terlebih dahulu (Images: via-Reuters)

Newport berjuang habis habisan mencegah Spurs mencetak gol. Spurs akhirnya berhasil menghindari kekalahan, menyamakan kedudukan di penghujung laga via Harry Kane di menit ke-82. Hasil ini membuat pertandingan akan dilanjutkan dengan replay di London.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Alexis Sanchez yang baru saja bergabung dari Arsenal, melakoni debut bersama Manchester United, dalam lawatan ke kandang Yeovil Town. Sanchez bermain apik di partai debutnya ini, antara lain dengan memberikan assist untuk Herrera, yang mencetak gol kedua MU di menit ke-61; setelah sebelumnya Marcus Rashford membawa United unggul 1-0 di menit 41.

Debut Sanchez melawan Yeovil (Pic: Dan Mullan/Getty Images)

Sanchez bermain selama 72 menit, sebelum keluar digantikan Jesse Lingard, yang mencetak gol ketiga United di menit 89, sebelum Romelu Lukaku menggenapkan kemenangan United 4-0 di masa injury time. Menarik menunggu kontribusi Alexis di pertandingan-pertandingan selanjutnya.

berikut ini hasil lengkap piala FA Babak keempat sampai Sabtu malam waktu setempat:

 

Sheffield Wed. 3-1 Reading
Yeovil 0-4 Man. United
Peterborough 1 – 5 Leicester City
Middlesbrough 0 – 1 Brighton
Wigan Athletic 2 – 0 West Ham1
Sheff Utd 1 – 0 Preston
Notts County 1 – 1 Swansea City
Hull City 2 – 1 Nottm Forest
Millwall 2 – 2 Rochdale
Huddersfield 1 – 1 Birmingham
MK Dons 0 – 1 Coventry
Southampton 1 – 0 Watford
Newport County 1 – 1 Tottenham
Liverpool 2 – 3 West Brom