David Moyes didepak, West Ham gaet Pellegrini

Manuel Pellegrini resmi dikontrak sebagai manajer baru West Ham, dengan The Mirror melansir durasi kontrak selama tiga tahun, bernilai £ 7 juta/tahun.

Pelatih asal Chile berusia 64 tahun itu, meninggalkan klub yang ditukanginya, Hebei China Fortune, pada akhir pekan lalu dan terbang ke London untuk negosiasi dengan West Ham.

The Hammers memilih untuk tidak mempertahankan Moyes, setelah kontrak jangka pendeknya berakhir setelah pertandingan terakhir musim ini.

Moyes berhasil membawa West Ham bertahan di Premier League, setelah rentetan hasil buruk di paruh pertama musim, yang berimbas pada dipecatnya Slaven Bilic.

West Ham menutup musim dengan menang 3-1 atas tim yang juga pernah dibesut Moyes, Everton, dan mengakhiri musim dengan finish di urutan ke-13.

Namun, semua catatan itu tidak membuat West Ham mempertahankannya.

Joint-Chairman West Ham, David Sullivan, mengatakan kepada situs web klub: “Saya senang menyambut Manuel Pellegrini ke West Ham United. Ia adalah salah satu pelatih sepakbola paling dihormati di dunia dan kami berharap dapat bekerja sama dengan dia.”

“Adalah penting kami menunjuk seseorang dengan pengetahuan dan pengalaman Premier League, (pelatih) yang sudah memiliki pemahaman – tidak hanya dari tim dan pemain yang kami hadapi – tetapi dari West Ham United dan ambisi kami.”

“Manuel memiliki reputasi (memainkan) sepakbola menyerang dan (bisa) mendapatkan yang terbaik dari para pemainnya. Kami percaya dia akan menarik bakat baru ke Stadion London serta meningkatkan skuad saat ini.”

Karier gemilang Pellegrini bermula di Villarreal, Real Madrid, dan Malaga di Spanyol, sebelum mengambil alih kursi manajer Manchester City pada 2013, dan berhasil membawa City memenangkan gelar Premier League pada musim 2013/14, serta gelar Piala Liga dua kali.

Dia meninggalkan Stadion Etihad pada Juni 2016, untuk digantikan oleh Pep Guardiola, dan kemudian meneruskan kariernya di Hebei.

Meskipun seharusnya dikontrak hingga akhir 2018, pihak Hebei sudah mengeluarkan pernyataan bahwa Pellegrini bukan lagi manajer mereka.

Akankah Pellegrini mampu membawa West Ham ke posisi yang lebih baik..??